Minggu, 27 September 2009

the best 3+

guys,

ap yg terpikir kl lu udh kerja trus punya duit u ptama kl ny?
he..he..
hedon, gw pikir itu yg paling cepet gw lakuin...
beli baju, gadget, atw apalah yg sebelumny g bs lu dapetin..
tp..
abis itu?
kyk g berujung kn?!

akhir2 ini gw kepikiran u nabung..
secara udh 2 taun kerja, tp kykny g ad yg gw dpt..
(kecuali satu hal, gw nerusin kuliah s1 ekstensi)

cuma...
nabung d bank itu g cucok rasany buat gw..
soalny kapitalismen-konsumerisme-hedon surrounding me evrywhre..
=)
zaman makin maju, belanja tinggal gesek doang pake kartu ajaib aka debit card.. (gw blm pny kartu kredit, piss)

lagian,
ad inflasi bow..
bunga bank kegerus pula..
biaya admin juga..

gw pgn ad hasil..
return dr uang yg gw pny..

gw sempet dpt 'tauji' dr dokter keuangan, aidil akbar..
mnrt dy investasi yg paling oke adalah emas..
lu beli lah emas, better ny emas murni..
emas murni bs dlm bentuk perhiasan (tp jarang sih yg 24k)..
dy sih lebih nyaranin emas batangan..
he..he.. duitny g cukup y kl batangan?!
tenang, tnyt ad bentuk koin2 gt kok..
seinget gw mulai dr 100 gr, kl emas skrg 200rb, minimal lu pny 20jt..
heuh..
beli yg ad sertifikatny, for safety..
si aidil sih pernah nunjukin koin emas punya dy,
sepertiny dy beli di daerah kuningan..

em...
gw sih sempet dpt pelajaran manajemen investasi wktu ngambil sp kmrn..
intiny pelajaran itu yg gw dpt ada 2:
1. jangan pernah narok telur2 yg elu punya dalam satu keranjang
sumpah! ini bener bgt.. krn soul dr manajemen investasi adalah minimalisasi risiko yg lu
punya.. investasi itu psti ad trade off ny, tp gmn carany kt bs minimal balik modal lah..
gak rugi bandar..

2. teori portofolio saham
ini adalah implementasi dr point (1).. kongkritny..
yg jelas sih diversifikasi, kita buat investasi tuh kombinasi ny mantab...
gini, saat investasi X kita melemah, investasi Y kita justru menguat..
jd, balance..
kl mw tw lebih rigid lg, liat buku aj yah..
he..he..

nah,
mnrt versi gw, ini adlh the b3st 3+ kl lu mw invest:
1. tanah
geografi gw sih g tlalu bagus, cuma liat aj deh harga2 tanah makin naik kn?!
soalny penduduk makin nambah, tanah justru berkurang..
y akibat pemanasan global, erosi di pantai jg..
oia, kl lu bermukim di bandar lampung, ad perumahan pemda di way hui..
lumayan murah cicilanny..
cuma dp ny msh mahal..
tp syp tw ad yg mw jual cepet..
coba aj ^^

2. emas
emas dimana-mana teteup jd favorit..
sayang, urutan preferensi kt beda y, pak aidil..
mgkn bapak lebih ngacu k likuiditas ny.. he..he.. maap, sy lebih menganggap
tanah sangat likuid, menguntungkan lebih..

3. tabungan di bank
ini penting juga.. better ny sih minimal 3kali gaji (take home pay aj lebih aman) kita..
cari bank yg negeri, soalny admin ny jg masuk akal kl duit kt g bnyk2 bgt..
oia, tabungan di atas 7.5 juta kena pajak tnyt (kt dosen pajak gw).. br nyadar..
coba cek deh buku tabungan elu.. hurry..

plus...
asuransi jiwa/kesehatan..
penting!! buat jaga2.. sedia payung sebelum hujan..
si aidil sih nyaranin yg murni aj, g ush sepaket dgn yg link/investasi..
biar manfaat yg lu dapetin pol..
(teknis ny, i can't figure it out.. mgkn tkait duit investasi pihak ketiga kadang g jelas kemana)

see..
smoga kt sm2 berhasil y!
gudlak..

3 komentar:

  1. thx udah share ilmu yang bermanfaat ;)

    BalasHapus
  2. hmm..
    klo tanah harus punya modal besar dulu.. en klo mo nyari yg terjangkau musti di daerah2 dan musti ada yg ngejagain, klo engga bisa diserobot orang. klo di jakarta mah udah setinggi langit harganya.

    tabungan di bank itu harus, soalnya paling liquid so klo sewaktu2 butuh langsung bisa dipake.

    klo emas itu simpanan jangka panjang sih, klo mo cari keuntungan jangka pendek agak susah en untungnya ga seberapa (kecuali lo maen besar en seorang spekulan).

    klo menurut gw sih prosesnya:
    tabungan --> emas --> tanah
    jadi lo nabung dulu sampe kekumpul dana yang cukup buat beli emas (sekalian meratiin harga pasar emas, kali aja lagi turun) soalnya setau gw sih emas murni or Logam Mulia (LM) yg >100gr yang ga kena biaya pembuatan jadi harganya juga lebih bagus dari pada beli yg koin2 5-10gr, abis itu setelah emas kekumpul en cukup buat DP baru deh beli tanah/rumah untuk investasi terbaik. klo rumah juga bisa di kontrakin ato jadi kos2an untuk nambah2 income.

    just my 2 cent..

    BalasHapus
  3. mbu:
    investasi yg gw saranin disini dgn berasumsi bhw 'invest' dgn berbagai variabel ny,lu udh punya gaji cukup u hedon, n masih ad sisa duit lebih.. gw bukan liat dr proses, tp preferensi pilihan di akhir..
    hehehe
    begitu..
    tp saran lu jg make sense kok..
    :p

    BalasHapus